PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA LATIHAN MATERI TEKNIK DASAR BOLA TANGAN DI TIM PORPROV KOTA SURAKARTA

Wana, Gea Aditya Tirta (2019) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA LATIHAN MATERI TEKNIK DASAR BOLA TANGAN DI TIM PORPROV KOTA SURAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GEA ADITYA PJKR C 2015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa video tutorial teknik dasar bola tangan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan video sebagai media latihan teknik dasar bola tangan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) melalui 10 langkah pengembangan yaitu, antara lain: (1) Potensi & Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5)Revisi Desain; (6)Uji Coba Produk & Validasi Ahli; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian; (9) Revisi Produk; (10) Produk Akhir. Pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk ahli materi bola tangan, ahli media video dan atlet. Subyek uji coba pada penelitian ini adalah atlet bola tangan Porprov Kota Surakarta yang berjumlah 14 orang. Teknik analisis data menggunakan desktriptif kualitatif dan kuantitatif yang dikemas dalam bentuk tabel persentase. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi oleh ahli materi bola tangan diperoleh persentase sebesar 93, 33% masuk kategori “sangat layak”. Validasi oleh ahli media video diperoleh persentase 86, 67% masuk kategori “sangat layak”. Dari hasil ujicoba menunjukkan bahwa hasil dari atlet diperoleh persentase 92, 857% masuk kategori “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan video tutorial bola tangan pada atlet ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teknik dasar bola tangan, media pembelajaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:51
Last Modified: 31 Jul 2019 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64915

Actions (login required)

View Item View Item