PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK TAEKWONDOIN PADA USIA 6-12 TAHUN KATEGORI KYORUGI

Muslikah, Muslikah (2019) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK TAEKWONDOIN PADA USIA 6-12 TAHUN KATEGORI KYORUGI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Muslikah_13602241073.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu memberikan referensi yang ditujukan kepada pelatih taekwondo anak-anak, taekwondoin, dan masyarakat umum terkait model permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan motorik taekwondoin pada usia 6-12 tahun kategori kyorugi berupa buku panduan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yakni: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, pembuatan produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba, produksi akhir. Subjek penelitan pada kelompok kecil 7 orang pelatih taekwondo club setiaki Universitas Negeri Yogyakarta dan pada uji coba lapangan menggunakan 18 orang pelatih taekwondo anak-anak se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen berupa lembar penilaian. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ini adalah Ahli Media sebesar 100%, serta persentase kelayakan dari Ahli Materi sebesar 100%. Berdasarkan uji coba kelompok kecil didapati persentase kalayakan sebesar 87% dan uji coba lapangan sebesar 84%. Dengan demikian media ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pelatihan dan referensi untuk mengembangkan kemampuan motorik taekwondoin pada usia 6-12 tahun kategori kyorugi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: taekwondo, permainan tradisional, anak
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:52
Last Modified: 29 Jul 2019 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64837

Actions (login required)

View Item View Item