Yulianto, Iqbal (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS-II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Iqbal Yulianto.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Gugus-II Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah 171 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling dan Random Sampling. Cara pengambilan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh 120 anggota sampel. Variabel yang diteliti yaitu Motivasi Belajar Matematika dan Prestasi Belajar Matematika. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan angket untuk mengukur variabel motivasi belajar matematika dan tes prestasi untuk mengukur variabel prestasi belajar matematika. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisis regresi linier sederhana dapat dijelaskan bahwa motivasi belajar matematika berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 76,3%. Kata Kunci: motivasi belajar matematika, prestasi belajar matematika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 04 Oct 2012 07:49 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6476 |
Actions (login required)
View Item |