PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENCAPAIAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK MAN 3 SLEMAN

Samukti, Fajar Ria Hening and Dwisiwi, Rahayu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN PENCAPAIAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK MAN 3 SLEMAN. S1 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya perbedaan peningkatan penguasaan materi Gravitasi Newton dan Gerak Planet-Planet antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model kooperatif dengan metode make a match dan model konvensional dengan metode ceramah, dan (2) mengetahui predikat pencapaian sikap kerjasama peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode make a match pada mata pelajaran fisika kelas X MAN 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental research). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA semester 2 MAN 3 Sleman Tahun Pelajaran 2018/2019 dan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi ketercapaian sikap, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan penguasaan materi Gravitasi Newton dan Gerak Planet-Planet antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran kooperatif dengan metode Make a Match (0,57) dan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah (0,38) dan (2) pencapaian sikap kerjasama peserta didik yang mengikuti pembelajaran model kooperatif dengan metode Make a Match pada materi Gravitasi Newton dan Gerak Planet-Planet sebesar 93% yang termasuk ke dalam predikat sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Make a Match, penguasaan materi, sikap kerjasama, hukum gravitasi newton dan gerak planet
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:58
Last Modified: 11 Jul 2019 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64516

Actions (login required)

View Item View Item