PENGARUH LATIHANATHLETIC BASIC COORDINATION TERHADAP KECEPATAN LARI 60 METER PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHAGA CABANG ATLETIK DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Nugraheni, Salsabilla (2021) PENGARUH LATIHANATHLETIC BASIC COORDINATION TERHADAP KECEPATAN LARI 60 METER PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHAGA CABANG ATLETIK DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_salsabilla nugraheni_17601244037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Athletic Basic Coordination terhadap kecepatan lari 60 meter pada siswa Kelas Khusus Olahraga cabang atletik di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen design atau eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah peserta didikkelas khusus olahraga di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah semua peserta didik Kelas Khusus Olahraga cabang atletik di SMA Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 10 orang atlet. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lari 60 meter. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil t hitung sebesar 6,497 > 2,26 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan Athletic Basic Coordination terhadap kecepatan lari 60 meter pada siswa Kelas Khusus Olahraga cabang atletik di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Jadi berdasarkan perbedaan rerata diperoleh hasil bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik 64,00% untuk kecepatan lari 60 meterdibandingkan dengan sebelum diberikan latihan Athletic Basic Coordination.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: atletik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:36
Last Modified: 29 Apr 2021 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64394

Actions (login required)

View Item View Item