PERBEDAAN PENGARUH MODEL LATIHAN ZIG-ZAG RUN DAN THREE CORNER DRILL TERHADAP KELINCAHAN PEMAIN SEPAKBOLA SLEMAN TIMUR FOOTBALL ACADEMY KU 14-16 TAHUN

Setiawan, Fanny Febri (2021) PERBEDAAN PENGARUH MODEL LATIHAN ZIG-ZAG RUN DAN THREE CORNER DRILL TERHADAP KELINCAHAN PEMAIN SEPAKBOLA SLEMAN TIMUR FOOTBALL ACADEMY KU 14-16 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fanny febri setiawan_17602241007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada/tidaknya pengaruh model latihan zig-zag run untuk meningkatkan kelincahan, (2) ada/tidaknya pengaruh model latihan three corner drill untuk meningkatkan kelincahan, (3) manakah model latihan zig-zag run atau three corner drill yang lebih efektif untuk meningkatkan kelincahan pada pemain sepakbola Sleman Timur Football Academy KU 14-16 Tahun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian two grups pretest-posttest group design. Populasi pada penelitian ini adalah pemain sepakbola Sleman Timur Football Academy KU 14-16 Tahun yang berjumlah 37 pemain. Teknik pengambilan sampling menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola Sleman Timur Football Academy KU 14-16 Tahun yang berjumlah 22 pemain. Instrumen penelitian menggunakan Illinois Test. Treatment penelitian ini dibagi menjadi 2 kelompok yang pertama menggunakan zig-zag run yang kedua menggunakan three corner drill. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5 %. Hasil analisisi uji t pada hipotesis pertama diperoleh nilai t hitung (9,904) > t tabel (2,228), hasil tersebut disimpulkan ada pengaruh model latihan zig-zag run terhadap kelincahan pemain sepakbola Sleman Timur Football Academy KU 14-16 Tahun. Hasil pada hipotesis kedua diperoleh nilai t hitung (8,148) > t tabel (2,228), hasil tersebut disimpulkan ada pengaruh latihan three corner drill terhadap kelincahan pemain sepakbola Sleman Timur Football Academy KU 14-16 Tahun. Hasil analisisi uji t independent sampel t test diperoleh perbedaan hasil pret test nilai t hitung < t tabel (2,085), hasil tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara latihan zig-zag run dan three corner drill. Sedangkan hasil pada hasil post test nilai t hitung > t tabel (2,085), hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara latihan zig-zag run dan three corner drill. Hasil persentase peningkatan kelincahan disimpulkan peningkatan kelincahan dengan latihan zig-zag run (10,63%) mempunyai peningkatan lebih efektif dibandingkan dengan kelincahan menggunakan latihan three corner drill (5,79 %).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Endang Rini Sukamti, M.S.
Uncontrolled Keywords: sepakbola
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:09
Last Modified: 29 Apr 2021 04:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64390

Actions (login required)

View Item View Item