PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DISIPLIN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Fitriani, Latifah Nur (2019) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DISIPLIN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
skripsi_Latifah Nur Fitriani_15803241008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. 2) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. 3) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. 4) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 sejumlah 124 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar ditunjukkan dengan Y=0,094X1+78,732, rx1y=0,252 dan r2x1y=0,063. (2) Terdapat pengaruh positif Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar ditunjukkan dengan Y=0,063X2+76,630, rx2y=0,280 dan r2x2y=0,079. (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar ditunjukkan dengan Y=0,076X3+77,010, rx3y=0,267 dan r2x3y=0,071. (4) Terdapat pengaruh positif Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar ditunjukkan dengan Y= 0,078X1+ 0,052X2+ 0,050X3+ 72,929, Ry(1,2,3)=0,405 dan R2y(1,2,3)=0,164. Sumbangan Relatif dari variabel variabel Status Sosial Ekonomi Orang Tua 31,96%, variabel Disiplin Belajar 39,61%, dan variabel Motivasi Belajar 28,65%, dan total Sumbangan Efektif yaitu 16,44%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:26
Last Modified: 24 Jun 2019 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64338

Actions (login required)

View Item View Item