Pengaruh Integrasi Penilaian Afektif dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Pembentukan Karakter Sosial Siswa Sekolah Dasar.

Riyanatalia, Lusia Desti (2019) Pengaruh Integrasi Penilaian Afektif dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Pembentukan Karakter Sosial Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
tesis-lusia desti riyanatalia-16701251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penilaian menjadi salah satu alat pendidikan yang harus diintegrasikan dalam pembelajaran sehingga dapat memberikan efek baik pada kemampuan siswa. Pembelajaran siswa harus mencakup tiga ranah kemampuan yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Kemampuan afektif begitu penting dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi penilaian afektif dalam pembelajaran tematik terhadap karakter sosial siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV , V dan VI SD Negeri Cebongan yang berjumlah 206 siswa. Sampel penelitian ini siswa kelas IV yaitu 34 siswa kelas IVA sebagai kelompok kontrol dan 35 siswa kelas IVB sebagai kelompok eksperimen. Treatment yang diterapkan di kelompok eksperimen adalah penilaian afektif. Penilaian afektif ini dengan dilakukannya self assessment dengan menggunakan skala psikologis, refleksi dan pemberian feedback. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian afektif berpengaruh secara signifikan terhadap sikap siswa (p = 0,000; df = 67 dan t = (-5,326)). Pengaruh perlakuan terhadap sikap siswa sebesar 0,19. Effect size integrasi penilaian afektif dalam pembelajaran terhadap sikap siswa adalah 0,55 (29,75%) temasuk kategori “efek besar”. (2) Penilaian afektif berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku siswa (p = 0,000; df = 67 dan t = (-4,847)). Pengaruh perlakuan terhadap perilaku siswa sebesar 0,19. Effect size integrasi penilaian afektif dalam pembelajaran terhadap perilaku siswa adalah 0,51 (25,96%) dengan koefisien korelasi termasuk “efek besar”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian afektif, karakter sosial, sikap, perilaku
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jun 2019 04:40
Last Modified: 26 Oct 2021 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64291

Actions (login required)

View Item View Item