MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVB SDN REJOWINANGUN 1 YOGYAKARTA

Amalia, Anindiya Noor (2019) MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVB SDN REJOWINANGUN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Anindiya Noor Amalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa pada mata peajaran IPS menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa kelas IVB SD Negeri Rejowinangun 1. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahap yang meliputi (1) tahap perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Rejowinangun 1, Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala tanggung jawab siswa dalam mata pelajaran IPS. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan tanggung jawab siswa dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament yaitu ditandai dengan meningkatnya persentase skor perolehan tanggung jawab siswa pada pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Hasil skor perolehan tanggung jawab pada mata pelajaran IPS pada saat pra tindakan yaitu 53,71% (rendah) meningkat menjadi 77,54% (tinggi) pada siklus I dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 86,06% (sangat tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams games Tournamen dapat meningkatkan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran IPS. Kata kunci: tanggung jawab siswa, model pembelajaran teams games tournament, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2019 05:01
Last Modified: 11 Jun 2019 05:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64228

Actions (login required)

View Item View Item