PENINGKATAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA DENGAN METODE OUTDOOR STUDY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

Edyyanto, Rohmat (2019) PENINGKATAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA DENGAN METODE OUTDOOR STUDY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rohmat Edyyanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD N 1 Pengasih tahun ajaran 2018/2019 dengan metode outdoor study. Jenis penelitan yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Pengasih yang berjumlah 17 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, bahwa dalam pelaksanaan PTK terdapat tiga tahapan, yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan dan pengamatan (3) refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran outdoor study dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N 1 Pengasih. Pada tindakan siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai dengan kategori baik atau sangat baik sejumlah 8 siswa atau 47%, dan setelah diberikan tindakan siklus II meningkat menjadi 16 siswa, atau 94% siswa mendapat nilai dengan kategori baik atau sangat baik. Ketercapaian kerjasama perindiktaor juga mengalami peningkatan. Dari tindakan siklus I rata-rata pencapaian kerjasma perindikator sebesar 69% dan setelah diberikan tindakan siklus II rata-rata pencapaian kerjasama perindikator adalah 80%. Pencapaian indikator tertinggi yaitu pada indikator “Menghormati atau menghargai perbedaan pendapat.” dan indikator “berada dalam kelompok selama kegiatan kelompok berlangsung”. Hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA pada tindakan siklus I, 59% siswa di kelas yang dapat mencapai KKM, setelah diberikan tindakan siklus II, 82% siswa dikelas IV mencapai KKM. Jadi pembelajaran dengan metode outdoor study dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD N 1 Pengasih. Kata kunci: Kerjasama, Hasil belajar kognitif, Outdoor study

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 May 2019 07:34
Last Modified: 27 May 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64095

Actions (login required)

View Item View Item