TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN FIK UNY TENTANG CEDERA OLAHRAGA, PENANGANAN DAN PENCEGAHAN CEDERA OLAHRAGA

Suranto, Suranto (2021) TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN FIK UNY TENTANG CEDERA OLAHRAGA, PENANGANAN DAN PENCEGAHAN CEDERA OLAHRAGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_suranto_17603141017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan Mahasiswa Ilmu Keolahragaan FIK UNY tentang cedera olahraga, penanganan dan pencegahan cedera olahraga. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif statistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dimodifikasi dalam bentuk Google Form, angket jenis yang menggunakan soal benar salah. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta pada bulan Maret 2021. Subjek pada penelitian ini yaitu mahasiswa Ilmu Keolahragaan FIK UNY, sampel pada penelitian ini yaitu 50 mahasiswa Ilmu Keolahragaan FIK UNY Angkatan 2020 dengan pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data descriptive statistics dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 mahasiswa (8%) dalam kategori sangat rendah, kategori rendah 14 mahasiswa (28%), kategori sedang 14 mahasiswa (28%), kategori tinggi 17 mahasiswa (34%) dan kategori sangat tinggi 1 mahasiswa (2%). Berdasarkan analisis data didapatkan nilai rata-rata (mean) 22,34 dan dikategorikan dalam norma katagorisasi, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa Ilmu Keolahragaan FIK UNY tentang cedera olahraga, penanganan dan pencegahan cedera olahraga termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ali Satia Graha, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: cedera
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:50
Last Modified: 28 Apr 2021 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64025

Actions (login required)

View Item View Item