IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SISWA PRAMUKA PENGGALANG SD N KREKAH KECAMATAN PANDAK

Prasetya, Yonni (2019) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SISWA PRAMUKA PENGGALANG SD N KREKAH KECAMATAN PANDAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yonni Prasetya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter mandiri siswa Pramuka penggalang SD N Krekah Kecamatan Pandak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, pembina Pramuka, guru penyusun kurikulum, dan siswa Pramuka golongan penggalang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan Pramuka dalam membentuk karakter mandiri siswa sudah lengkap berupa visi misi, kurikulum, ekstrakurikuler sekolah, program ekstrakurikuler Pramuka, sarana, prasarana, dan dana pendukung kegiatan. Pelaksanaan kegiatan Pramuka menggunakan berbagai metode kepramukaan. Metode yang digunakan untuk membentuk karakter mandiri siswa melalui bermacam kegiatan. Metode belajar sambil melakukan digunakan untuk kegiatan membuat pantun, menulis nama pahlawan, permainan, menjahit kain, penggunaan tongkat, baris-berbaris, tali-temali, panitia Ramadhan, dan panitia Qurban. Metode kegiatan alam terbuka digunakan untuk kegiatan jelajah alam dan kemah. Evaluasi yang dilakukan pembina untuk kegiatan Pramuka meliputi evaluasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Nilai karakter mandiri yang dibentuk meliputi percaya diri, tanggung jawab, kerja keras, mampu mengambil keputusan, mampu bekerja sendiri, dan menghargai waktu. Faktor pendukung kegiatan Pramuka meliputi pembina Pramuka, siswa, orang tua, dan masyarakat. Faktor penghambat kegiatan Pramuka meliputi pembina Pramuka, siswa, cuaca buruk, pola asuh orang tua, dan lingkungan. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Mandiri, Ekstrakurikuler Pramuka,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 May 2019 06:02
Last Modified: 22 May 2019 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63908

Actions (login required)

View Item View Item