PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N GUNUNGPRING 2

Kholifah, Risma Nur (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N GUNUNGPRING 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Risma Nur Kholifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N Gunungpring 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Gunungpring 2. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara dekskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan kerjasama dari siklus I sampai siklus II. Kerjasama siswa dapat meningkat melalui berbagai proses, yaitu 1) pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah NHT, 2) pemberian reward saat tahap answering mampu meningkatkan motivasi setiap anggota untuk saling bekerjasama. Peningkatan kemampuan kerjasama dapat dilihat melalui hasil perhitungan skor kemampuan kerjasama siswa siklus I sebesar 68,45% dengan kategori tinggi dan meningkat pada siklus II sebesar 80,51% dengan kategori sangat tinggi. Peningkatan juga terjadi pada masing-masing indikator kemampuan kerjasama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas V SD N Gunungpring 2 pada mata pelajaran IPA. Kata kunci : kemampuan kerjasama, model pembelajaran kooperatif tipe NHT Kata kunci : kemampuan kerjasama, model pembelajaran kooperatif tipe NHT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 May 2019 07:08
Last Modified: 15 May 2019 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63827

Actions (login required)

View Item View Item