Kholifah, Risma Nur (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N GUNUNGPRING 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Risma Nur Kholifah.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N Gunungpring 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Gunungpring 2. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara dekskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan kerjasama dari siklus I sampai siklus II. Kerjasama siswa dapat meningkat melalui berbagai proses, yaitu 1) pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah NHT, 2) pemberian reward saat tahap answering mampu meningkatkan motivasi setiap anggota untuk saling bekerjasama. Peningkatan kemampuan kerjasama dapat dilihat melalui hasil perhitungan skor kemampuan kerjasama siswa siklus I sebesar 68,45% dengan kategori tinggi dan meningkat pada siklus II sebesar 80,51% dengan kategori sangat tinggi. Peningkatan juga terjadi pada masing-masing indikator kemampuan kerjasama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas V SD N Gunungpring 2 pada mata pelajaran IPA. Kata kunci : kemampuan kerjasama, model pembelajaran kooperatif tipe NHT Kata kunci : kemampuan kerjasama, model pembelajaran kooperatif tipe NHT
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 15 May 2019 07:08 |
Last Modified: | 15 May 2019 07:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63827 |
Actions (login required)
View Item |