PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA KARTU BERGAMBAR KEBUDAYAAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SDNPERUMNAS CONDONGCATUR

Kristiani (2012) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA KARTU BERGAMBAR KEBUDAYAAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SDNPERUMNAS CONDONGCATUR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_KRISTIANI_08105244003.pdf

Download (5kB) | Preview
[img] Text
iman19x.html

Download (1kB)
[img] Text
iman69x.jpg

Download (2kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa pada siswa kelas IV SDN Perumnas Condongcatur menggunakan media KAGAYA. Minat yang diamati meliputi 4 aspek yaitu perhatian, ketertarikan, rasa senang, dan aktivitas terhadap mata pelajarn IPS. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non Equivalent Control Group Desain. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Perumnas Condongcatur Sleman dengan jumlah 75 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Jumlah sampel sebanyak 50 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu satu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan satu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar IPS siswa. Sebelumnya angket minat belajar IPS siswa diuji cobakan terlebih dahulu kepada responden yang bukan kelompok eksperimen dan kontrol. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan minat belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sesudah menggunakan media kartu bergambar kebudayaan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t-hitung sebesar 22.904 lebih besar dengan hasil t-tabel yaitu 1,699.Sedangkan perolehan rerata postest nilai minat kelas eksperimen sebesar 82,75 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 52,17. Dengan demikian pemanfaatan media KAGAYA memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 27 Sep 2012 08:35
Last Modified: 25 Aug 2024 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6342

Actions (login required)

View Item View Item