Setianingsih, Wita (2019) LPTK DAN PROFESIONALISME CALON GURU IPA ABAD 21. In: SEMINAR NASIONAL “PROFESIONALISME GURU ABAD 21”, Sabtu, 28 April 2018, Ruang Sidang Utama Rektorat UNY.
|
Text
PROSIDING GURU XXI -9 LPTK DAN PROFESIONALISME CALON GURU IPA ABAD 21.pdf Download (750kB) | Preview |
Abstract
Di masa sekarang, semua lini kehidupan dihadapkan pada suatu masa transisi dengan era yang akrab disebut sebagai abad 21. Persaingan dalam segala bidang kehidupan semakin ketat. Guru sebagai ujung tombak pelaksana dilapangan tidak dapat menghindar dari konsekuensi perubahan tersebut. LPTK merupakan lembaga pencetak calon-calon guru. Di LPTK para calon guru dipersiapkan untuk menghadapi tantangan masa depan. Demikian pula untuk guru IPA. Literasi calon guru IPA terhadap 4 standar pembelajaran IPA diharapkan memberi bekal dasar untuk menjawab tantangan tersebut. Guru merupakan produk kemarin dari suatu LPTK yang mengajar saat ini untuk menyiapkan generasi masa depan. Di sisi inilah maka diperlukan kemauan untuk tetap menjaga profesionalisme seorang guru terlebih profesionalisme guru abad 21 termasuk perubahan mind set dalam melakukan penilaian. Dengan demikian keterkaitan LPTK dan keprofesionalan calon guru IPA sangat erat, pembelajaran IPA berkaitan erat dengan ketrampilan abad 21 sehingga diperlukan suatu standar penilaian untuk mengetahui kesiapan calon guru IPA merespon abad 21. Kata kunci: Abad 21, LPTK, Profesionalisme, Guru
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | BAKI - Biro Akademik Kemahasiswaan dan Informasi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 06:27 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 06:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63210 |
Actions (login required)
View Item |