PEMBELAJARAN KREATIVITAS PADA KEGIATAN MENGGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B MASYITHOH KREBET PAJANGAN BANTUL

Megan, Faiferin (2019) PEMBELAJARAN KREATIVITAS PADA KEGIATAN MENGGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B MASYITHOH KREBET PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Megan Faiferin_14111241053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas anak TK B Masyithoh Krebet Pajangan pada kegiatan menggambar. Adapun komponen kreativitas yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah ide anak yang tertuang dalam hasil karya gambarnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini di kelompok B TK Masyithoh Krebet Pajangan. Subjek penelitian ini adalah guru, penilaian harian, dan foto hasil karya. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dekriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Kurikulum, pada kolom kegiatan di RPPH narasinya masih ambigu. Selain itu, kegiatan yang dilakukan pada hari itu tidak sesuai dengan kegiatan yang sudah direncanakan di RPPH; 2) guru, ketika pembelajaran kreativitas pada kegiatan menggambar, guru memberikan contoh gambar terlebih dahulu di papan tulis; 3) anak, beberapa anak masih ada yang belum mau menggambar seperti contoh; 4) strategi, guru meminta anak-anak untuk menggambar sesuai dengan tema hari itu. Ketika anak tidak mau menggambar sesuai contoh, guru memberikan contoh gambar di buku anak tersebut; 5) materi, pada pembelajaran terkait kreativitas dengan kegiatan menggambar memuat isi mengenal aktivitas seni yang diwujudkan dengan kegiatan menggambar; 6) media, yang digunakan pada pembelajaran kreativitas dengan kegiatan menggambar adalah buku tulis/buku gambar; dan 7) evaluasi, dilakukan pada setiap akhir kegiatan menggambar, dengan cara anak menunjukkan hasil gambarnya kepada guru, lalu guru melihat gambar tersebut dan menyimpulkan hasil gambar tersebut dengan persepsinya sendiri. Kata kunci: kreativitas, menggambar, anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Mar 2019 01:03
Last Modified: 13 Mar 2019 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63106

Actions (login required)

View Item View Item