Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Berbicara dan Bercerita Anak Usia 4-5 Tahun.

Ratnasari, Eka Mei (2018) Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Berbicara dan Bercerita Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-mei-ratnasari-16717251026.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan media buku cerita bergambar. Pertama, pengaruh penggunaan media buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Kedua, pengaruh penggunaan media buku cerita bergambar terhadap kemampuan bercerita anak. Ketiga, pengaruh penggunaan media buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara dan bercerita anak usia 4-5 tahun di TK-ABA Pringwulung Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan sasaran anak usia 4-5 tahun di di TK-ABA Pringwulung, Yogyakarta. Subjek penelitian sebanyak 40 anak, terdiri atas 20 anak sebagai kelompok eksperimen dan 20 anak sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media buku cerita bergambar, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional berupa kegiatan tanya jawab dan bercerita tanpa menggunakan media. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pada saat sebelum dan setelah pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji dengan statistik uji –t pada program SPSS. 16 untuk melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dan uji multivariate untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap beberapa variabel terikat secara stimultan. Hasil penelitian menunjukan beberapa hal. Pertama, terdapat pengaruh dalam penggunaan media buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Nilai signifikansi sebesar 0.000 dan perbedaan rerata sebesar 9.750. Kedua, terdapat pengaruh dalam penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan bercerita anak dengan nilai signifikansi sebesar 0.003 dan perbedaan rerata sebesar 8.700. Ketiga, terdapat pengaruh dalam penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara dan bercerita anak dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Hasil tersebut menunjukan bahwa penggunaan media buku cerita bergambar berpengaruh terhadap kemampuan berbicara dan bercerita anak usia 4-5 tahun di TK-ABA Pringwulung Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar, kemampuan berbicara, kemampuan bercerita
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:34
Last Modified: 09 May 2019 09:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62748

Actions (login required)

View Item View Item