Faktor Determinan Perencanaan Anggaran pada Sekolah Dasar Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Maisaroh, Siti (2018) Faktor Determinan Perencanaan Anggaran pada Sekolah Dasar Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-siti-maisaroh-14704261003.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap perencanaan anggaran, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perencanaan anggaran, (3) mengetahui model hubungan faktor-faktor yang diduga mempengaruhi perencanaan anggaran, dan (4) mengetahui besarnya pengaruh faktor-faktor yang diduga mempengaruhi perencanaan anggaran pada Sekolah Dasar Negeri di DIY. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri di DIY yang berjumlah 1.464, dengan sampel sebanyak 284 sekolah dasar. Teknik cluster proporsional random sampling digunakan untuk menentukan sampel berdasarkan kelompok sekolah menurut peringkat akreditasi. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan kajian dokumen. Untuk mendapatkan estimasi model yang fit pada setiap konstruk variabel laten digunakan Confirmatory Factor Analysis. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Model. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan sebagai berikut (1) Ada empat faktor yang terbukti berpengaruh signifikan terhadap perencanaan anggaran yaitu tujuan sekolah, manajemen sekolah, rencana kerja sekolah dan rencana kegiatan dan anggaran sekolah. Sedangkan keterlibatan kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perencanaan anggaran. (2) Hasil analisis diskripif menunjukkan perencanaan anggaran, tujuan sekolah, keterlibatan kerja, RKS dan RKAS pada kriteria baik, sedangkan manajemen sekolah pada kriteria sangat baik. (3) Berdasarkan temuan model empiris, dengan menggunakan tujuh kriteria pengukuran Goodness Of Fit (GOF) yakni chi square= 0,0003, RMSEA=0,042, GFI=0,923, AIC=0,968, NFI=0,988, IFI=0,988, dan RFI=0,959 menunjukkan model perencanaan anggaran fit. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan model teoritis dengan model empiris; (4) Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai koefisien dari hasil hipotesis berikut (a) ada pengaruh langsung tujuan sekolah secara signifikan terhadap perencanaan anggaran sebesar 0,24: (b) ada pengaruh langsung manajemen sekolah secara signifikan terhadap perencanaan anggaran sebesar 0,16; (c) ada pengaruh langsung keterlibatan kerja terhadap perencanaan anggaran sebesar -0,006 tetapi tidak signifikan; (d) ada pengaruh langsung RKS secara signifikan terhadap perencanaan anggaran sebesar 0,18; (e) ada pengaruh langsung RKAS secara signifikan terhadap perencanaan anggaran sebesar 0,37; (f) ada pengaruh langsung tujuan sekolah secara signifikan terhadap RKS sebesar 0,28; (g) ada pengaruh langsung manajemen sekolah secara signifikan terhadap RKS sebesar 0,32; (h) ada pengaruh langsung keterlibatan kerja secara signifikan terhadap RKS sebesar 0,22; (i) ada pengaruh langsung tujuan sekolah secara signifikan terhadap RKAS sebesar 0,29; (j) ada pengaruh langsung manajemen sekolah secara signifikan terhadap RKAS sebesar 0,24; (k) ada pengaruh langsung keterlibatan kerja secara signifikan terhadap RKAS sebesar 0,24; (l) ada pengaruh tidak langsung tujuan sekolah melalui RKS terhadap perencanaan anggaran sebesar 0,29 dan tujuan sekolah melalui RKAS terhadap perencanaan anggaran sebesar 0,34; (m) ada pengaruh tidak langsung manajemen sekolah melalui RKS terhadap perencanaan anggaran sebesar 0,22 dan manajemen sekolah melalui RKAS terhadap perencanaan anggaran sebesar 0,25; (n) ada pengaruh tidak langsung keterlibatan kerja melalui RKS terhadap perencanaan anggaran sebesar 0,03 dan keterlibatan kerja melalui RKAS terhadap perencanaan anggaran sebesar 0,08.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan kerja, manajemen sekolah, perencanaan anggaran, RKAS,RKS
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2019 06:49
Last Modified: 09 May 2019 09:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62447

Actions (login required)

View Item View Item