HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-ANAK DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Astuti, Reni (2018) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-ANAK DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Reni Astuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan konsep diri pada siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 165 siswa. Sampel penelitian dihitung dengan menggunakan rumus Slovin dengan error sampling 5% sehingga diperoleh 117 sampel. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Uji validitas skala dilakukan dengan penilaian ahli dan analisis item. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi Pearson Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan konsep diri. Nilai koefisien korelasi (r) 0,682 artinya terdapat hubungan yang positif antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan konsep diri.Setiap kenaikan komunikasi interpersonal orang tua-anak akan diikuti kenaikan konsep diri. Begitu pula sebaliknya, setiap penurunan komunikasi interpersonal orang tua-anak akan diikuti dengan penurunan konsep diri. Nilai r 0,682 termasuk ke dalam kategori tingkat hubungan yang kuat antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan konsep diri. Sementara itu, nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) sehingga dapat dikatakan hasil penelitian signifikan. Artinya, hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi. Kata kunci: komunikasi interpersonal, konsep diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Nov 2018 04:45
Last Modified: 30 Jan 2019 17:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61395

Actions (login required)

View Item View Item