PERBEDAAN PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI DEMAKIJO 1

Kamarudin, Kamarudin (2018) PERBEDAAN PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI DEMAKIJO 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Kamarudin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan rerata kemampuan pemahaman belajar Matematika antara kelas yang diajar dengan model Contextual Teaching & Learning dan kelas yang diajar dengan model Guided Discovery pada kelas V SD Negeri Demakijo 1, Sleman. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian eksperimental, jenis penelitian eksperimen yang sebenarnya dengan variabel terikat kemampuan pemahaman belajar Matematika dan variabel bebas adalah model pembelajaran Contextual Teaching & Learning dan Guided Discovery. Desain penelitiannya adalah pretest-posttest control group design menggunakan kelompok kontrol. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Demakijo 1 yang berjumlah 64 siswa. Jumlah sampel 18 subjek per grup yang diambil secara acak menggunakan rumus Federer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemahaman belajar Matematika secara signifikan antara kelas yang diajar dengan Contextual Teaching & Learning lebih baik dari pada yang diajar dengan Guided Discovery. Kelas yang diajar menggunakan model Contextual Teaching & Learning memiliki rerata lebih tinggi dengan perbedaan rerata sebesar 1,722. Perolehan nilai uji-t sampel bebas sebesar 2,322 dengan nilai sig. < 0,05 yaitu 0,026. Kata kunci: model pembelajaran Contextual Teaching & Learning, model pembelajaran Guided Discovery, kemampuan pemahaman belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:45
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61320

Actions (login required)

View Item View Item