UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS III SD NEGERI 01 SEKARSULI

Pamungkas, Herida Exsa Oki (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS III SD NEGERI 01 SEKARSULI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
HERIDA EXSA OKI PAMUNGKAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran eksperimen pada siswa kelas III SD Negeri 01 Sekarsuli. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri 01 Sekarsuli, Banguntapan, Bantul yang berjumlah 16 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas 75, prosentase ketuntasan 70% dan tingkat keaktifan siswa mencapai 70%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode eskperimen yang melibatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar, prosentase ketuntasan dan aktifitas siswa setelah menggunakan metode eksperimen yaitu 73 rata-rata kelas, 64,40% tingkat keaktifan siswa dan 62,50% prosentase ketuntasan pada siklus I. Lalu pada siklus II rata-rata kelas menjadi 77,50, tingkat keaktifan siswa menjadi 79,10% dan prosentase ketuntasan menjadi 68,75%. Kata kunci: Hasil belajar, metode pembelajaran eksperimen

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:23
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61313

Actions (login required)

View Item View Item