UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BERMUATAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH DI SD NEGERI 2 KRETEK BANTUL KELAS IV

Latifah, Asih Nur (2018) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BERMUATAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH DI SD NEGERI 2 KRETEK BANTUL KELAS IV. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ASIH NUR LATIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bermuatan IPS di SD Negeri 2 Kretek Bantul kelas IV dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan aplikasi macromedia flash. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus memuat empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, skala, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta skala motivasi belajar. Teknis analisis data menggunakan deskripsi kualiitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bermuatan IPS. Penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan aplikasi macromedia flash dalam pembelajaran bermuatan IPS dapat menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa untuk memperhatikan pembelajaran. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan rata-rata persentase motivasi belajar siswa kelas IV meningkat pada setiap siklusnya. Siklus I persentase motivasi belajar siswa adalah 72,5% meningkat menjadi 80,49% pada siklus II. Kata kunci: motivasi belajar siswa, media berbasis komputer, macromedia flash.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61299

Actions (login required)

View Item View Item