Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N 1 Tempel Tahun Pelajaran 2017/2018

Prasetiyo, Barep (2018) Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N 1 Tempel Tahun Pelajaran 2017/2018. S1 thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan pembuatan skripsi ini adalah (1) mengetahui hubungan antara minat dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) untuk mengetahui hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 120 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel Minat (X1), Motivasi Belajar (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Prestasi Belajar Sejarah (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dengan prestasi belajar, dimana rhitung sebesar 0,420, sedangkan rtabel dengan N=89 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,207, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,420 > 0,207). (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah, dimana rhitung sebesar 0,511, sedangkan rtabel dengan N=89 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,207, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,511 > 0,207). (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah, dimana Fhitung sebesar 18,384, sedangkan Ftabel dengan N=89 pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,10, jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel (18,384 > 3,10). Kata Kunci: Minat, Motivasi, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 18 Oct 2018 00:32
Last Modified: 30 Jan 2019 17:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60620

Actions (login required)

View Item View Item