Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Sikap Egalitarian Siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Muntilan Kabupaten Magelang

Husna, Nidaul (2018) Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Sikap Egalitarian Siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Muntilan Kabupaten Magelang. S1 thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap egalitarian siswa di SMP Muhammadiyah Muntilan Kabupaten Magelang, (2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap egalitarian siswa di SMP Muhammadiyah Muntilan Kabupaten Magelang, dan (3) mengetahui upaya yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengatasi kendala-kendala dalam pembentukan sikap egalitarian siswa di SMP Muhammadiyah Muntilan Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini dengan purposive. Adapun subjek penelitian ini yaitu para guru Pendidikan Kewargangeraan SMP Muhammadiyah Muntilan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan sumber data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap egalitarian di SMP Muhammadiyah Muntilan Kabupaten Magelang, meliputi: (a) memberikan nasihat kepada siswa untuk bersikap egalitarian, (b) menanamkan nilai-nilai yang membentuk sikap egalitarian, (c) memberikan keteladanan dalam berperilaku, (d) menyampaikan materi pembelajaran yang membentuk sikap egalitarian, dan (e) menilai sikap siswa yang berhubungan dengan sikap egalitarian. Kedua, kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan sikap egalitarian siswa di SMP Muhammadiyah Muntilan Kabupaten Magelang, meliputi: (a) kendala faktor siswa yaitu pemberian labelling yang dilakukan siswa dan (b) kendala dari faktor letak kelas yang berjauhan. Ketiga, upaya yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan mengatasi kendala-kendala dalam pembentukan sikap egalitarian di SMP Muhammadiyah Muntilan Kabupaten Magelang, meliputi: (a) menanamkan nilai kesetaraan dan kerja sama, dan (b) menyuruh siswa saling berbaur dan memanfaat kegiatan istirahat dan salat Duha. Kata kunci: peranan guru, guru Pendidikan Kewarganegaraan, pembentukan sikap, dan egalitarian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 09 Oct 2018 00:00
Last Modified: 30 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60391

Actions (login required)

View Item View Item