PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET MATERI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI JAWA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMK KELAS X

'Azmii, Hani Lathifah (2018) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET MATERI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI JAWA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMK KELAS X. S1 thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berupa kartu kuartet, (2) mengetahui kelayakan media kartu kuartet materi kerajaan-kerajaan Islam di Jawa dari segi media dan materi untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah SMK kelas X, (3) mengetahui efektivitas penggunaan media kartu kuartet untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa SMK kelas X. Pengembangan media kartu kuartet ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model penelitian Borg and Gall dengan menggunakan 6 dari 10 langkah penelitian Borg and Gall. Langkah-langkah yang digunakan penulis sebagai berikut: (1) research and information collecting (penelitian dan pengumpulan informasi), (2) planning (perencanaan), (3) develop preliminary form of product (pengembangan bentuk awal produk), (4) preliminary field testing (uji lapangan awal), (5) main product revision (revisi produk), (6) main field testing (uji lapangan utama). Penulis menggunakan 6 langkah penelitian Borg and Gall dikarenakan pada tahap main field testing (uji lapangan utama) penulis melakukan proses pembelajaran dan evaluasi guna mendapatkan hasil keefektifan. Subjek dalam penelitian ini yakni: 1 ahli instrumen pada langkah planning, 1 ahli media dan 1 ahli materi pada tahap develop preliminary form of product, 18 siswa kelas X dan 2 guru sebagai responden pada tahap preliminary field testing, serta 33 siswa kelas X TB pada tahap main field testing. Hasil yang didapatkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran berupa kartu kuartet materi kerajaan-kerajaan islam di Jawa untuk meningkatkan prestasi belajar, (2) kelayakan yang diperoleh dari pengembangan media kartu kuartet adalah skor 4.8 oleh ahli media dengan kriteria sangat baik kategori layak dan skor 4 oleh ahli materi dengan kriteria baik kategori layak. Sedangkan hasil uji lapangan awal dari guru mendapat skor 4.7 dengan kriteria sangat baik kategori layak dan hasil dari 18 siswa mendapatkan rata rata skor 3.88 dengan kriteria baik kategori layak, (3) Penggunaan media kartu kuartet pada proses pembelajaran didapatkan prestasi belajar siswa yang meningkat dengan rata rata nilai pretest 42.24 menjadi rata-rata nilai posttest 76.09. Dari hasil pengembangan yang dilakukan media kartu kuartet dapat dinyatakan efektif. Kata kunci: media pembelajaran sejarah, kartu kuartet, kerajaan-kerajaan Islam di Jawa, SMK kelas X

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 08 Oct 2018 00:24
Last Modified: 30 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60379

Actions (login required)

View Item View Item