PERAN SMK KELAUTAN DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI KELAUTAN DI PESISIR GUNUNGKIDUL

Surjiana Muttaqien, Dana (2018) PERAN SMK KELAUTAN DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI KELAUTAN DI PESISIR GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Dana Surjiana Muttaqien_12110241045.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang peran SMK Kelautan dalam mengembangkan potensi kelautan di pesisir Gunungkidul. Mengidentifikasi faktor yang mendukung dan menghambat peran SMK Kelautan dalam mengembangkan potensi kelautan di pesisir Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru dan kepala sekolah. Seting penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanjungsari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: adalah terpenuhinya peran sekolah yang terdiri dari beberapa aspek fungsi dan peran sekolah: a. Mengembangkan kecerdasan pikiran dan pengetahuan; b. Spesialisasi ; c. Efisiensi; d. Sosialisasi; e. Konservasi dan transmisi kultural; f. Transmisi. Faktor pendukung yaitu 1). SMK Kelautan jumlahnya masih terbatas jadi mudah dalam mendapatkan siswa yang mempunyai minat khusus pada kelautan; 2). Dari sisi ketenagakerjaan, lulusan SMK Kelautan mudah dalam mendapat pekerjaan; 3). Dukungan dalam instansi terkait (DKP/ Dinas Kelautan dan Perikanan) dalam anggaran dan infrastruktur; 4). Lulusan tidak hanya bekerja didunia kelautan dan perikanan bisa juga di militer, wisata, serta SAR; 5). Tempat praktek dalam hal ini laut selatan berlokasi tidak jauh dari sekolah. Faktor penghambat peran SMK Kelautan dalam mengembangkan potensi kelautan di kabupaten Gunungkidul sebagai berikut :1). Posisi sekolah jauh dari pusat kota atau berada di pesisir maka animo siswa disekitar sekolah kurang, karena stereotipe dari orangtua siswa beranggapan bahwa sekolah yang bagus adalah sekolah yang terletak di kota; 2). Hanya 20% yang berminat kepada dunia kelautan khususnya SMK Kelautan; 3). Kurangnya jumlah siswa yang masuk; 4) 1 angkatan kurang dari 100 orang sedangkan daya tampung lebih dari 100 orang; 5) Karena praktek kebanyakan berlokasi dilaut maka kondisi alam dan cuaca sangat berpengaruh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran SMK, Mengembangkan Potensi, SMK Kelautan.
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60310

Actions (login required)

View Item View Item