IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS CERDAS ISTIMEWA MATEMATIKA DAN IPA(CIMIPA) DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

Ifa Nurmita, Devri (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS CERDAS ISTIMEWA MATEMATIKA DAN IPA(CIMIPA) DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Devri Ifa Nurmita_14110241016.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 3 December 2028.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi program kelas Cerdas Istimewa Matematika dan IPA (CIMIPA) di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat program kelas Cerdas Istimewa Matematika dan IPA (CIMIPA) di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, (3) Mendeskripsikan hasil dari program kelas Cerdas Istimewa Matematika dan IPA (CIMIPA) di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti dengan dibantu dengan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi Program Kelas CIMIPA: (a) Standar pendidikan menggunakan 8 SNP dan sasaran yaitu yakni calon peserta didik baru yang dapat lolos dalam tes psikotest dan peserta didik di kelas 2 regular yang memiliki rata-rata nilai rapot minimal 8, (b) Sumber Daya berupa tenaga pendidik lulusan Sarjana S1 dan memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik serta berupa sarana dan prasarana yang memadai, (c) Hubungan antar organisasi, Sekolah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Serta menjalin kerja sama dengan UKP UGM dan Rumah Sains Ilma, (d) Agen pelaksana telah terjalin baik dengan adanya koordinasi antar guru CIMIPA dengan kasubag layanan CIMIPA serta antara guru CIMIPA dengan Kepala Sekolah; (e) Disposisi Implementor yaitu Sekolah telah memahami dengan baik terkait proses implementasi program kelas CIMIPA; (f) Kondisi Sosial di Sekolah berupa interaksi antar peserta didik dan dengan guru terjalin kerja sama, rukun namun tetap kompetitif. (2) Faktor pendukung: (a) sarana prasarana yang memadai, (b) kebutuhan peserta didik yang memerlukan layanan khusus, (3) Sekolah berkomitmen untuk menyediakan layanan khusus. Faktor penghambat yaitu orang tua terkadang lalai dalam mendampingi anak belajar di rumah. (3) Hasil dari program yaitu prestasi yang diraih oleh peserta didik CIMIPA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Program Kelas Cerdas Istimewa Matematika dan IPA, Layanan khusus, Cerdas Istimewa
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60305

Actions (login required)

View Item View Item