IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH SEJAHTERA DI SMA NEGERI 1 GODEAN

Fatmawati, Septia (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH SEJAHTERA DI SMA NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Septia Fatmawati_13110244017.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program sekolah sejahtera di SMA Negeri 1 Godean. Jenis penelitian ini deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian strategi sekolah dalam mengimplementasi program sekolah sejahtera dengan cara: (1) mengkomunikasi; (2) menetapkan sumber daya; (3) menyesuaikan aturan dan komitmen; (4) menetapkan struktur birokrasi. Isi program sekolah sejahtera meliputi: (1) implementasi program having (kondisi sekolah), adanya fasilitas yang mendukung aktivitas siswa seperti kantin sekolah, UKS, wali kelas, dan guru bimbingan konseling; (2) implementasi program loving (hubungan sosial), tidak adanya tindak kekerasan/bullying di sekolah; (3) implementasi program being (pemenuhan diri di sekolah), peserta didik ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di sekolah seperti pemilihan siswa untuk mengikuti lomba; (4) implementasi program health (kesehatan), sekolah mengadakan Jumat bersih dan senam sehat yang diadakan setiap hari Jumat secara bergantian. Faktor pendukung program sekolah sejahtera di SMA Negeri 1 Godean: a) adanya komitmen dan tanggung jawab agen-agen pelaksana program; b) warga sekolah yang terbuka dengan adanya program baru; c) adanya pihak luar sekolah yang ikut membantu dalam pelaksanaan program yaitu CPMH UGM; d) sarana prasarana yang dimiliki sekolah, sedangkan faktor penghambat program yaitu: dana dan waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, program sekolah sejahtera
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60264

Actions (login required)

View Item View Item