Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Next Generation Science Standard Untuk Meningkatkan Keterampilan Constructing Explanation-Designing Solution Dan Pemahaman Crosscutting Concept

Putri, Amiratul Ratna (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Next Generation Science Standard Untuk Meningkatkan Keterampilan Constructing Explanation-Designing Solution Dan Pemahaman Crosscutting Concept. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-amiratul-ratna-putri-16708251019.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berorientasi Next Generations Science Standard (NGSS) yang valid dan praktis; serta (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA berorientasi NGSS untuk meningkatkan keterampilan Constructing Explanations-Designing Solutions (CEDS) dan pemahaman crosscutting concept mengenai energi dan materi. Penelitian ini termasuk Penelitian dan Pengembangan (RnD) menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik nontes melalui wawancara, observasi, angket dan (2) teknik tes menggunakan instrumen soal keterampilan CEDS sebanyak 6 butir soal uraian dan pemahaman crosscutting concept berupa 20 soal pilihan ganda. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 8 Magelang. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap LKPD serta dilakukan uji empiris soal. Uji coba utama dilakukan pada dua kelas yang terdiri dari 30 siswa kelas VIIG sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIIH sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan meliputi (a) analisis kelayakan perangkat pembelajaran yang terdiri atas analisis kelayakan RPP dan LKPD menggunakan konversi skala lima serta validitas dan reliabilitas instrumen soal oleh ahli dan analisis berdasarkan uji empiris soal; dan (b) analisis efektifitas perangkat pembelajaran yang dilakukan menggunakan perhitungan gain score ternormalisasi serta uji multivariat ANOVA (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dihasilkan perangkat pembelajaran IPA berorientasi NGSS yang valid dan reliabel yang meliputi RPP, LKPD, serta instrumen penilaian keterampilan CEDS dan pemahaman crosscutting concept; perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga dinyatakan praktis digunakan dalam proses pembelajaran (2) hasil penerapan perangkat pembelajaran berorientasi NGSS terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan constructing explanations-designing solutions dan pemahaman crosscutting concept di SMP N 8 Magelang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran IPA, NGSS, constructing explanation - designing solutions, crosscutting concept, energi dan materi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2018 01:58
Last Modified: 09 May 2019 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60096

Actions (login required)

View Item View Item