Pengembangan Model Pembelajaran Trikaya Parisudha untuk Peningkatan Keterampilan Proses dan Nilai-nilai Karakter di Sekolah Dasar

Astawan, I Gede (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Trikaya Parisudha untuk Peningkatan Keterampilan Proses dan Nilai-nilai Karakter di Sekolah Dasar. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-i gede astawan-15703261073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkanprototypemodel pembelajaran trikaya parisudha untuk peningkatan keterampilan proses dan nilai-nilai karakter di sekolah dasar, (2) menghasilkan model pembelajaran trikaya parisudhayang layak untuk peningkatan keterampilan prosesdan nilai-nilai karakter di sekolah dasar, dan (3) menghasilkan model pembelajaran trikaya parisudhayang efektif untuk peningkatan keterampilan proses dan nilai-nilai karakter di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan research and development (R & D) yang mengikuti prosedur pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD, kepala sekolah, dan guru SD di Karangasem-Bali yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data analisis kebutuhan dikumpulkan dengan angket, wawancara,dan observasi. Data kelayakanmodel pembelajaran dikumpulkan dengan angket dan lembar observasi. Data keefektifan model pembelajaran dikumpulkan dengan angket dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Temuan penelitian adalah (1) Prototype model pembelajaran trikaya parisudha yang dihasilkan memiliki komponen (a) pendahuluan, (b) landasan teori, (c) isi model, yang terdiri atas komponen dasar model, prinsip dasar pengembangan model, dan prosedur pembelajaran (sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak pembelajaran dan pengiring). Di samping komponen substansi, model juga menyertakan contoh penerapan dan asesmen yang digunakan, penutup, daftar pustaka, glosarium, dan indeks.Sintaks model terdiri ataslima fase: fase pendahuluan, fase kayika, fase wacika, fase manacika, dan fase penutup. (2) Model pembelajaran trikaya parisudha layak digunakan menurutpenilaian ahli/praktisi. Kualitas kelayakanmodel pada semua aspek isi, desain, media berkategori sangat baik menurut ahli/praktisi. (3) Model pembelajaran trikaya parisudha efektif digunakan untuk peningkatan keterampilan proses dan nilai-nilai karakter siswa. Terdapat perbedaan yang signifikan baikpada peningkatanketerampilan proses maupun nilai-nilaikarakter antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran trikaya parisudhadan yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Keterampilan proses dan nilai- nilaikarakter siswa yang belajardengan model pembelajaran trikaya parisudha lebih baik dibandingkan dengan yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, kearifan lokal, trikaya parisudha, keterampilan proses, nilai-nilai karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2018 01:32
Last Modified: 28 May 2021 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59786

Actions (login required)

View Item View Item