Faktor-Faktor Penentu Ibu Rumah Tangga Bekerja Di Industri Watsawi Kelurahan Cokrodiningratan Kecamatan Jetis Yogyakarta

Telaumbanua, Marietta Marlina (2018) Faktor-Faktor Penentu Ibu Rumah Tangga Bekerja Di Industri Watsawi Kelurahan Cokrodiningratan Kecamatan Jetis Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-marietta-marlina-telaumbanua-16723251002.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penentu ibu rumah tangga bekerja di Industri Watsawi Kelurahan Cokrodiningratan Kecamatan Jetis Yogyakarta yang ditinjau dari: 1) Faktor internal ibu rumah tangga, 2) Faktor eksternal ibu rumah tangga, 3) Intensitas ibu rumah tangga, 4) Kontribusi ibu rumah tangga, dan 5) Karakteristik ibu rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode kuantitatif dengan teknik probability sampling. Jumlah sampel sebanyak sebanyak 44 ibu rumah tangga, keseluruhan populasi ibu rumah tangga yang bekerja di Industri Watsawi. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert, dokumen, pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistic deskriptif dengan bantuan komputer program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor internal yang menentukan ibu rumah tangga bekerja di Industri Watsawi paling dominan adalah fisiologi dengan rata-rata skor sebesar 4,212 termasuk dalam kategori sangat tinggi. 2) Faktor eksternal yang menentukan ibu rumah tangga bekerja di Industri Watsawi paling dominan adalah gaji dengan rata-rata skor sebesar 3,893 termasuk dalam kategori sangat tinggi. 3) intensitas yang paling dominan ibu rumah tangga adalah kegiatan di rumah dengan rata-rata skor sebesar 4,113 termasuk dalam kategori sangat tinggi. 4) Kontribusi ibu rumah tangga terhadap pendapatan keluarga sebesar 44,28% sementara konstribusi ibu rumah tangga pada setiap curahan waktu yang paling dominan pada curahan aktifitas ekonomi produktif sebesar 48,75%, dan 5) Karakteristik ibu rumah tangga dari segi umur didominasi 27,3% (41-50), pendidikan 36,4% didominasi dengan pendidian terakhir SD, lama bekerja didominasi 47,7% (5-10 tahun), jabatan didominasi sebagai penggulung sebesar 77,3% dan dari segi sikap ibu rumah tangga didominasi dengan sikap religius dengan rata-rata 4,272 masuk dalam kategori sangat tinngi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Ibu Rumah Tangga, Faktor-Faktor Penentu, Industri Rumah Tangga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:54
Last Modified: 09 May 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59508

Actions (login required)

View Item View Item