PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

VIKTARIA, VIKTARIA (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta, (2) Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta, (3) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta, (4) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Interaksi Sosial Teman Sebaya, dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,751; koefisien determinasi r2x1y sebesar 0,564; (2) Terdapat pengaruh positif Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,564; koefisien determinasi r2x2y sebesar 0,318; (3) Terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan koefisien korelasi rx3y sebesar 0,568; koefisien determinasi r2x3y sebesar 0,322; (4) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Interaksi Sosial Teman Sebaya, dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan koefisien korelasi Ry(1,2,3) sebesar 0,765; koefisien determinasi R2y(1,2,3) sebesar 0,585. Sumbangan efektif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Interaksi Sosial Teman Sebaya, dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar sebesar 56,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Minat Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 31 Aug 2018 06:56
Last Modified: 30 Jan 2019 17:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59429

Actions (login required)

View Item View Item