Implementasi Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Profesi Pengelasan di SMKN 2 Wonosari dan SMKN 2 Pengasih

Syamsuddin, Arief (2018) Implementasi Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Profesi Pengelasan di SMKN 2 Wonosari dan SMKN 2 Pengasih. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arief-syamsuddin-13703254014.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai pelaksanaan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pengelasan di SMKN 2 Wonosari dan SMKN 2 Pengasih yang meliputi: (1) kesiapan pengelola, (2) pelaksanaan, (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan, dan (4) dampak kegiatan sertifikasi kompetensi pengelasan terhadap lulusan peserta didik di SMKN 2 Wonosari dan SMKN 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, panitia kegiatan sertifikasi, dan asesor yang ada di SMKN 2 Wonosari dan SMKN 2 Pengasih. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kesiapan pengelola telah sesuai dengan tahapan proses sertifikasi baik pimpinan, guru, panitia, maupun sarana dan prasarana telah disiapkan secara matang baik melalui rapat pimpinan, pendampingan siswa, panitia penyiapan alat dan bahan bahkan SMKN 2 Pengasih sudah memiliki tempat uji kompetensi mandiri. (2) Pelaksanaan kegiatan sudah berjalan dengan baik sesuai jadwal yang direncanakan baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Hasil uji sertifikasi di SMKN 2 Wonosari lebih baik dikarenakan samapi pengujian Bending Test Pengelasan 3G Up hill dibandingkan dengan SMKN 2 Pengasih hanya sampai Visual Test. (3) Faktor pendukung dalam implementasi program sertifikasi berasal dari pihak sekolah, guru pendamping, panitia sertifikasi, Lembaga Sertifikasi Profesi Logam dan Mesin Indonesia (LSPLMI) dan Badan Sertifikasi Nasional Pendidikan (BNSP) yang bekerjasama memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan sertifikasi, baik dalam bentuk moril dan materil guna mensukseskan pelaksanaan kegiatan sertifikasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketersediaan dana yang masih kurang khususnya untuk perbaikan sarana dan prasarana, adanya peserta didik yang mengulang hasil yang tidak lulus ujian sertifikasi, dan peserta didik yang kurang motivasi ketika kegiatan sertifikasi. (4) Dampak kegiatan sertifikasi kompetensi pengelasan terhadap lulusan peserta didik tertanam pada meningkatnya prestasi peserta didik, rasa percaya diri, dan kemudahan akses kerja di perusahan dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang belum sertifikasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, sertifikasi, pengelasan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2018 02:02
Last Modified: 09 May 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59244

Actions (login required)

View Item View Item