PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS E2K UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA

Nurlita, Cesar and Sukardiyono, Sukardiyono (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS E2K UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_CESAR_NURLITA_14302244002.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan LKPD berbasis E2K yang layak digunakan selama pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan materi getaran harmonis pada peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Ngaglik, (2) mengetahui capaian keterampilan proses sains peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Ngaglik dalam pembelajaran menggunakan LKPD berbasis E2K pada materi getaran harmonis, (3) mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Ngaglik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis E2K pada materi getaran harmonis, (4) mengetahui tanggapan peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Ngaglik terhadap penggunaan LKPD berbasis E2K dalam proses pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan desain Model 4-D sebagai desain penelitan pengembangan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa RPP, LKPD berbasis E2K, soal tes, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi keterlaksanaan RPP, lembar angket respon peserta didik, dan lembar validasi. Analisis lembar validasi RPP, LKPD, soal tes, dan angket respon menggunakan SBI, sedangkan analisis kesepakatan validator terhadap LKPD menggunakan percentage of agreement, analisis keterlaksanaan RPP menggunakan IJA, analisis butir soal pada uji terbatas menggunakan iteman, analisis penguasaan materi peserta didik menggunakan standar gain, dan analisis keterampilan proses sains menggunakan teknik konversi nilai persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lembar kerja peserta didik berbasis eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi pada materi getaran harmonis layak digunakan untuk pembelajaran peserta didik SMA, didasarkan pada hasil validasi oleh validator ahli dan praktisi yang menunjukkan kategori sangat baik, (2) capaian keterampilan proses peserta didik menunjukkan kategori baik, hal ini didasarkan pada rerata skor praktikum 1, praktikum 2, dan praktikum 3 sebesar 3,24, (3) peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah melakukan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis E2K termasuk dalam kategori tinggi dengan standard gain sebesar 0,72, (4) Angket respon peserta didik menunjukkan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 4,14 termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD berbasis E2K, keterampilan proses sains, dan penguasaan materi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:06
Last Modified: 30 Jan 2019 16:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59097

Actions (login required)

View Item View Item