PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD 1 PADOKAN KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012

Khoeriyah, Siti Hidayatul (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD 1 PADOKAN KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siti Hidayatul Khoeriyah.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan antara kelas yang diajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation dan model konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas V SD 1 Padokan Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, dengan variabel terikat hasil belajar PKn siswa kelas V SD 1 Padokan dan variabel bebasnya adalah model cooperative learning tipe group investigation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 1 Padokan, yang berjumlah 66 siswa, yang terdiri dari dua kelas. Kelas VA berjumlah 33 siswa sebagai kelas yang diajar dengan model konvensional, dan kelas VB 33 siswa sebagai kelas yang diajar dengan model cooperative learning tipe group investigation. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, tahap deskripsi data, tahap uji persyaratan analisis, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap deskripsi data meliputi distribusi data hasil belajar siswa. Tahap prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji tahap hipotesis meliputi uji t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation dan model konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada taraf signifikansi 5 % (alpha = 0,05). Hasil penelitian ini adalah: ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation dan model konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD 1 Padokan tahun ajaran 2011/2012. Hal ini dilihat dengan adanya perbedaan hasil post test antara kelompok yang diajar dengan model cooperative learning tipe group investigation dan kelompok yang diajar dengan model konvensional. Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 3,537>2,000 atau nilai sig 0,001 < 0,05, yang artinya ada perbedaan hasil post test antara kelompok yang diajar dengan model cooperative learning tipe group investigation dan kelompok yang diajar dengan model konvensional. Kata kunci: model cooperative learning tipe group investigation, hasil belajar PKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5904

Actions (login required)

View Item View Item