PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS KARTIKA KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/2012

Widyaningrum, Nur (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS KARTIKA KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Widyaningrum.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus Kartika Kecamatan Bobotsari tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Teknik Pengambilan data menggunakan metode angket dan kajian dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD negeri se-Gugus Kartika, dengan jumlah populasi sebanyak 261 siswa. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 118 siswa diambil 45% dari jumlah populasi. Uji validitas yang digunakan menggunakan uji validitas konstruk, instrumen dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli (expert judgment) kemudian diuji cobakan pada responden dan dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pada motivasi belajar dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus Kartika Kecamatan Bobotsari, Purbalingga. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi ganda, dimana persamaan regresi ganda Y = 39,556+ 0,238X1 + 0,193X2, hal ini berarti setiap penambahan satu skor motivasi belajar akan di ikuti peningkatan skor 0,238 pada nilai prestasi belajar dan penambahan satu skor intensitas belajar akan di ikuti peningkatan skor 0,193 pada nilai prestasi belajar. Dari persamaan regresi ganda diperoleh koefesien korelasi ganda sebesar 0,432 sehingga koefesien determinasinya adalah 0,187. Signifikasi koefisien korelasi ganda dihitung dengan uji F, dimana didapat Fhitung sebesar 13, 202 dengan tingkat signifikan 0,000a karena probabilitas (0,000) jauh lebih kecil dari 0,05 dan Ftabel pada taraf signifikan = 0,05 dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut 115 diperoleh nilai sebesar 3,07. Maka terlihat bahwa Fhitung (13, 202) > Ftabel (3,07). Sehingga terbukti bahwa motivasi belajar dan intensitas belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus Kartika, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga. Kata kunci : motivasi belajar, intensitas belajar dan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5899

Actions (login required)

View Item View Item