Aufelia Cita Yudiandari, 14105241044 (2018) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF “MENDIDIK ANAK GENERASI Z”. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
AUFELIA CITA YUDIANDARI_14105241044.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah Buku Digital Interaktif “Mendidik Anak Generasi Z” untuk orang tua siswa SD Muhammadiyah Condongcatur. Penelitian ini menggunakan model penelitian riset dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Terdapat sembilan langkah yang dilaksanakan dalam penelitian ini meliputi menganalisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Uji coba produk dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu uji coba lapangan awal kepada 3 orang tua siswa, uji coba lapangan utama kepada 6 orang tua siswa, dan uji coba lapangan operasional kepada 16 orang tua siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui validasi pada ahli materi sebesar 3,5 (kategori layak) dan pada ahli media sebesar 3,6 (kategori layak). Selanjutnya uji coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian sebesar 0,75 (kategori layak), pada uji coba lapangan utama diperoleh skor 0,89 (kategori layak), dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh skor 0,94 (kategori layak). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Buku Digital interaktif “Mendidik Anak Generasi Z”ini layak digunakan sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 09:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58534 |
Actions (login required)
View Item |