PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI SLEMAN I

Deni Saryanto, 11105244018 (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI SLEMAN I. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Deni saryanto_11105244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sleman 1 yang terdiri dari 32 siswa. Objek penelitian ini adalah multimedia berbasis adobe flash dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan panduan wawancara dan angket kelayakan multimedia. Data hasil dari penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dari uji coba lapangan dinyatakan layak. Validasi ahli media dilakukan sebanyak 3 tahap. Aspek yang dinilai adalah tampilan, pemrograman, dan pembelajaran. validasi ahli media tahap 1 memperoleh nilai 3,17 (cukup). Ahli media tahap 2 memperoleh nilai 3,45 (baik). Ahli media tahap 3 memperoleh nilai 4,20 (sangat baik). Sementara pada tahap ahli materi terdapat 3 aspek penilaian yaitu materi, kesesuaian konsep, dan pembelajaran. Validasi ahli materi dilakukan 2 tahap. Validasi tahap 1 memperoleh nilai 3,72 (baik). Validasi tahap 2 memperoleh nilai 3,99 (baik). Uji coba lapangan dilakukan tiga kali. Uji coba lapangan awal melibatkan 8 siswa memperoleh nilai 4,28 (sangat baik). Uji coba lapangan melibatkan 16 siswa memperoleh skor 4.38 (sangat baik). Uji pelaksanaan lapangan melibatkan seluruh siswa kelas V berjumlah 32 siswa memperoleh nilai 4.72 (sangat baik).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58531

Actions (login required)

View Item View Item