PENERAPAN 5 DISIPLIN ORGANISASI PEMBELAJARAN DI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PPPPTK) MATEMATIKA YOGYAKARTA

Septi Sulistiowati, 14105241023 (2018) PENERAPAN 5 DISIPLIN ORGANISASI PEMBELAJARAN DI PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PPPPTK) MATEMATIKA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Septi Sulistiowati-14105241023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan 5 Disiplin Organisasi Pembelajaran Di Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta berdasarkan teori Senge (1996). 5 disiplin organisasi pembelajaran dapat dilihat dari sub variabel yang meliputi; (1) Dimensi Personal Mastery, (2) Dimensi Mental Model, (3) Dimensi Shared Vision, (4) Dimensi Team Learning dan (5) Dimensi System Thinking Jenis Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif . Penelitian ini menggunakan sampel dengan teknik pengambilan sampel Proportionate stratified random sejumlah 120 responden dari seluruh pegawai PPPPTK Matematika Yogyakarta. Teknik analisis data dengan metode deskriptif kuantitatif yaitu analisis secara statistic dan dideskripsikan untuk menggambarkan suatu objek dengan presentase. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan 5 disiplin organisasi pembelajaran di PPPPTK Matematika Yogyakarta menghasilkan nilai presentase sebesar 74,59% dapat dikatakan bahwa pelaksanaanya termasuk dalam kategori baik berdasarkan skala indikator 60-80% dikatakan baik. Hasil penerapan dari disiplin organisasi pembelajaran pertama yaitu dimensi Personal Mastery menghasilkan nilai presentase sebesar 72,47%, Dimensi kedua yaitu Mental Model menghasilkan nilai presentase sebesar 76,45%, Dimensi ketiga yaitu Shared Vision menghasilkan nilai presentase sebesar 74,46%, Dimensi keempat yaitu Team Learning menghasilkan nilai presentase sebesar 75,82%, dan Dimensi ketiga yaitu System Thinking menghasilkan nilai presentase sebesar 73,77%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58518

Actions (login required)

View Item View Item