KETAHANAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 MLATI

Nanang Puspita Yudha, 11105244007 (2018) KETAHANAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 MLATI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Nanang Puspita Yudha_11105244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII melalui penerapan model pembelajaran kooperatif di SMP Negeri 1 Mlati. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru bertindak sebagai pelaksana dalam pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Mlati yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah ketahanan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa foto kegiatan pembelajaran yang dilakukan tiap pertemuan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPS Terpadu meningkatkan ketahanan belajar siswa. Peningkatan terjadi pada setiap siklus karena adanya 5 aspek dasar pembelajaran kooperatif yaitu positive interdependence (pra siklus=kurang, siklus 1=baik, siklus 2=baik), interaction face to face (pra siklus=kurang, siklus 1=cukup, siklus 2=baik), tanggung jawab (pra siklus=kurang, siklus 1=baik, siklus 2=baik), keluwesan (pra siklus=kurang, siklus 1=baik, siklus 2=baik), dan kerjasama (pra siklus=kurang, siklus 1=baik, siklus 2=baik). Adapun kendala yang ditemukan pada penerapan model pembelajaran tersebut yaitu kendala structural dan kultural.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58506

Actions (login required)

View Item View Item