PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN

Diany Roesma Pertiwi, 13105241048 (2018) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DIANY ROESMA PERTIWI_13105241048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video animasi yang layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran mengenal lambang bilangan bagi siswa tunagrahita ringan kelas 1. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg & Gall, yang dikolaborasikan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) untuk tahap pengembangan materi dan model pengembangan Alessi & Trollip untuk tahap pengembangan media. Langkah-langkah penelitian pengembangan yang ditempuh meliputi (a) penelitian dan pengumpulan informasi, (b) perencanaan, (c) pengembangan produk awal yang dikolaborasikan dengan tahap pengembangan materi dari ADDIE dan tahap pengembangan media dari Alessi & Trollip, (d) uji coba lapangan awal, (e) revisi produk utama, (f) uji coba lapangan utama, (g) revisi produk operasional, (h) uji coba lapangan operasional, (i) revisi produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, kemudian dilakukan uji coba produk. Uji coba produk pada siswa melalui 3 tahap, yaitu uji coba lapangan awal kepada 2 siswa, uji coba lapangan utama kepada 3 siswa, dan uji coba lapangan operasional kepada 5 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi untuk kemampuan mengenal lambang bilangan dinyatakan layak. Kelayakan video animasi didukung oleh data hasil validasi ahli dan uji coba produk. Hasil oleh penilaian ahli materi yang memperoleh persentase nilai sebesar 87,5% yang termasuk dalam kategori layak. Hasil penilaian oleh ahli media menunjukkan persentase nilai sebesar 80% yang termasuk dalam kategori layak. Selanjutnya pada uji coba lapangan awal diperoleh persentase nilai 80%, kategori layak. Pada uji coba lapangan utama diperoleh persentase 86% kategori layak, dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh persentase 92% dalam kategori layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:39
Last Modified: 30 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58485

Actions (login required)

View Item View Item