EVALUASI PELATIHAN ENGLISH FOR THE OFFICE IV DI BALAI LATIHAN KERJA DAN PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Aji Widiatmojo, 12105241032 (2018) EVALUASI PELATIHAN ENGLISH FOR THE OFFICE IV DI BALAI LATIHAN KERJA DAN PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Aji Widiatmojo_12105241032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelatihan English for the Office IV di BLKPP Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala BLKPP DIY, Kepala Seksi Pelatihan, Pegawai Seksi Pelatihan, Instruktur, dan peserta pelatihan. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan meliputi tahap reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) evaluasi context program pelatihan English for the Office IV dapat dikatakan sudah baik, berdasarkan adanya dasar hukum, tugas dan fungsi lembaga, program diselenggarakan sesuai kebutuhan masyarakat, adanya tujuan pelatihan yang jelas, serta adanya indikator ketercapaian program yang baik; 2) evaluasi input program pelatihan English for the Office IV terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki, yaitu perlu adanya penambahan atau regenerasi instruktur yang berkompeten, perluasan kelas agar lebih nyaman, serta peninjauan ulang kegunaan alat peraga atau miniatur sebagai media pembelajaran. Berdasarkan pelaksanakan pelatihan sudah lancar, instruktur berkompeten, peserta didik yang siap melakukan pelatihan, fasilitas dan sarana prasaran pendukung yang baik, serta adanya anggaran yang cukup.; 3) evaluasi process program pelatihan English for the Office IV sudah baik dalam melaksanakan beberapa hal, meliputi adanya jadwal kegiatan dan daftar presensi, materi yang dikembangan sesuai kebutuhan, metode yang digunakan sudah tepat, serta monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan baik.; 4) evaluasi product program pelatihan English for the Office IV memberikan peningkatan mental dan sedikit keterampilan Bahasa Inggris kualitas peserta didik serta presentase kelulusan peserta didik sudah 100%. Hal ini dinilai cukup baik karena sudah sesuai dengan indikator ketercapaian program pelatihan pelatihan English for the Office IV yang ditetapkan BLKPP DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58432

Actions (login required)

View Item View Item