Model Proporsi Kompetensi Bidang Keahlian Sebagai Rekomendasi Dunia Usaha dan Dunia Industri Dalam Program Seleksi Praktik Industri

Laksana, Novianto Yudha (2018) Model Proporsi Kompetensi Bidang Keahlian Sebagai Rekomendasi Dunia Usaha dan Dunia Industri Dalam Program Seleksi Praktik Industri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-novianto-yudha-laksana-15720251025.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengembangkan model proporsi kompetensi bidang keahlian yang dapat menjadi rekomendasi Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam menentukan hasil seleksi praktik industri yang sesuai kriteria dan (2) mengimplementasikan model proporsi kompetensi bidang keahlian yang digunakan untuk rekomendasi Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam proses praktik industri melalui pendekatan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Presmann yakni Waterfall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan yang meliputi: (a) studi pendahuluan, (b) studi pengembangan dan (c) evaluasi. Subjek uji coba ahli adalah tujuh orang yang terdiri dari staff HRD dan engineer. Subjek uji sistem adalah sepuluh orang siswa yang akan melakukan praktik industri di PT. Gamatechno Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi langsung dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan pendekatan proses analisis hierarki (AHP). Hasil pengembangan model dengan pendekatan AHP menghasilkan 3 kriteria, 13 subkriteria dan 5 alternatif bidang pekerjaan. Masing-masing kriteria dihitung secara perbandingan berpasangan sehingga menghasilkan bobot prioritas. Perhitungan konsistensi rasio untuk masing-masing kriteria menunjukan kurang dari 0,1 sehingga disimpulkan bahwa bobot nilai prioritas sudah konsisten dan dapat diterima. Pengujian dilakukan dengan uji perbandingan hasil perhitungan dilakukan secara manual dengan hasil keluaran dari Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dikembangkan. Pada pengujian diinputkan data berupa penilaian siswa terhadap masing-masing kriteria. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa model pendekatan AHP yang dikembangkan berjalan dengan baik dan dapat dijadikan rekomendasi dalam proses praktek industri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bidang keahlian, AHP, sistem pendukung keputusan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:01
Last Modified: 09 May 2019 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58048

Actions (login required)

View Item View Item