ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DAUN ADAS (Foeniculum vulgare Mill) DENGAN PELARUT METANOL FRAKSI KLOROFORM

Nuraini, May Rina (2018) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DAUN ADAS (Foeniculum vulgare Mill) DENGAN PELARUT METANOL FRAKSI KLOROFORM. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak May Rina Nuraini 14307141024.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA May Rina Nuraini 14307141024.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi senyawa metabolit sekunder yang terdapat dalam daun adas dan mengidentifikasi karakteristik senyawa metabolit sekunder hasil isolasi dengan spektroskopi UV-Vis, IR, dan GC-MS. Ekstraksi daun adas sebanyak 1 ,065 kg dilakukan dengan cara maserasi menggunakan pelarut metanol selama 2x24 jam dengan 4 kali pengulangan. Ekstrak metanol hasil maserasi kemudian dipartisi menggunakan pelarut n-heksana dan kloroform. Fraksi kloroform yang diperoleh kemudian di evaporasi menghasilkan 5,7 gram fraksi kloroform pekat berwarna hijau kehitaman. Fraksi kloroform pekat diisolasi dengan metode kromatografi kolom gravitasi (KKG) menggunakan silika gel. Proses isolasi dengan KKG ini memanfaatkan sistem variasi pelarut hingga di dapatkan satu senyawa. Senyawa hasil KKG kemudian diuji kemurnian menggunakan Kromatografi lapis tipis. Senyawa hasil KKG yang menunjukkan satu noda pada uji kemurnian kemudian diidentifikasi karakteristik senyawanya menggunakan spektroskopi UV-Vis, IR, dan GC-MS. Senyawa metabolit sekunder murni dari isolasi daun adas yang dihasilkan berupa cairan berwarna kuning. Hasil identifikasi senyawa dengan spektroskopi UVVis memberi panjang gelombang 241,80 nm berasal dari ikatan rangkap dua. Data spektroskopi IR menunjukkan adanya gugus –OH, C=C alkena, C-H alifatik, dan C-O alkohol. Spektrum GC menunjukkan 3 puncak dengan kelimpahan dari puncak 1,2,dan 3 berturut-turut adalah 33,23 %, 34,93%, dan 31,84 %. Data MS menunjukkan SI terbesar terdapat pada puncak 1 dengan SI sebesar 95%. Berdasarkan hasil identifikasi dengan spektroskopi GC-MS menunjukkan kemiripan SI 95% dengan senyawa eugenol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 16:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58017

Actions (login required)

View Item View Item