Fauzi, Rachmad Fitra (2018) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI MEDIA POP UP PADA SISWA KELAS IV SD N GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
Text
Rachmad Fitra Fauzi.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD N Gamping dengan menggunakan media pembelajaran PoKeMon (Pop Up Kebudayaan Milik Indonesia). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD N Gamping yang berjumlah 17 siswa, dengan 10 siswa laki - laki dan 7 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melaui media pop up di kelas IV SD N Gamping Sleman Yogyakarta khususnya pada pembelajaran IPS materi keragaman suku dan budayadi Indonesia. Pada pra siklus jumlah siswa dengan klasifikasi motivasi belajar skor tinggi hanya 60%. Lalu pada siklus I motivasi belajar siswa kelas yang mencapai kriteria keberhasilan meningkat menjadi 73%, sedangkan hasil akhir siklus II motivasi belajar siswa kelas yang mencapai kriteria keberhasilan telah mencapai 100%, sehingga pada siklus II motivasi kelas sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebanyak ≥75% jumlah siswa mencapai skor kuesioner dengan klasifikasi tinggi. Kata Kunci: motivasi belajar IPS, media pembelajaran pop up
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 03:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57374 |
Actions (login required)
View Item |