PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATA PELAJARANIPA KELAS IV SD NEGERI DUKUH 2

Noorrohman, Saifudin (2018) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATA PELAJARANIPA KELAS IV SD NEGERI DUKUH 2. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Saifudin Noorrohman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran guided discovery dan mengetahui peningkatankeaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Dukuh 2tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dukuh 2,Sleman yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, (3) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahobservasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran guided discovery dengan sintaks : (1)stimulus, (2) pernyataan masalah, (3) pengumpulan data, (4) pemrosesan data, (5) verifikasi, dan (6) generalisasidapat meningkatkan keaktifan belajar IPA. Rata-rata keaktifan siswa secara keseluruhan pada pra siklus sebesar 33,75% (kategori sangat kurang), selanjutnya dengan penerapan model guided discovery pada siklus I meningkat menjadi 74,43% (kategori baik). Setelah dilakukan perbaikan oleh guru berupa memberikan penguatan kepada siswa agar berani dalam menyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan, mendorong siswa memerhatikan dengan seksama siapapun yang sedang menyampaikan pendapat untuk menghargai orang yang sedang berbicara, memotivasi siswa untuk aktif dengan cara memberikanpujian ataupun penghargaan kepada siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk secara bebas mengungkapkan pendapatnya, waktu lebih dioptimalkan pada pengerjaan siswa menyelesaikan LKS dan guru lebih intensif dalam membimbing siswa dapat meningkatkan keaktifan siswa menjadi 89,10% (kategori sangat baik) pada siklus II. Kata kunci: keaktifan, pembelajaran IPA,guided discovery.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2018 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 16:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57351

Actions (login required)

View Item View Item