Renaldiyanto, Yuniliana Nurafni (2018) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS V SD N KEBONAGUNG. S1 thesis, PGSD.
Text
YUNILIANA NURAFNI R.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada siswa kelas V SD N Kebonagung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Kebonagung yang bertempat di Pojok, Sendang Agung, Minggir, Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Terdapat peningkatan prestasi belajar IPS dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus diperoleh ketuntasan belajar sebesar 34,37%, siklus I sebesar 51,61%, dan siklus II sebesar 87,5%. Jadi dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 17,24%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 35,89%. Prestasi belajar IPS siswa pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu ≥75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai rata-rata ≥75.Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD N Kebonagung. Kata kunci: prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 15 May 2018 07:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57014 |
Actions (login required)
View Item |