PENGGUNAAN MEDIA KIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD NEGERI BANTUL TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012

Ningrum, Fenindita Yunika (2012) PENGGUNAAN MEDIA KIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD NEGERI BANTUL TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fenindita Yunika Ningrum.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada aspek psikomotor, afektif, dan kognitif dengan penggunaan media KIT dalam pembelajaran IPA siswa kelas VA SD Negeri Bantul Timur, tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri Bantul Timur yang berjumlah 28 siswa dan obyek penelitiannya adalah peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VA SD Negeri Bantul Timur menggunakan media KIT. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai aspek psikomotor, afektif, dan kognitif. Sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata aspek kognitif adalah 5,29 dengan persentase ketuntasan 21,5 %. Pada siklus I diperoleh nilai aspek psikomotor sebesar 17,67, aspek afektif 17, dan nilai ratarata aspek kognitif sebesar 6,875 dengan persentase ketuntasan 53,57%. Sehingga hasil belajar IPA pada siklus I berada pada kategori cukup. Hasil belajar pada siklus II meningkat, yaitu nilai aspek psikomotor sebesar 28, afektif 27,5, dan nilai rata-rata aspek kognitif sebesar 7,98 dengan ketuntasan 85,71%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media KIT IPA dalam proses pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VA SD Negeri Bantul Timur. Kata Kunci : KIT, IPA, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5696

Actions (login required)

View Item View Item