Komaruddin, Ratmoko Adhi (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS VA DI SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, PGSD.
Text
Ratmoko Adhi Komaruddin.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri Giwangan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together pada mata pelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Pelaksanaan penelitian ini dilaksankan secara berkolaborasi dengan guru kelas VA SD Negeri Giwangan. Langkah pelaksanaan penelitian ini terdiri dari, perencanaan, tindakan, refleksi, dan observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Giwangan dengan jumlah 30 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas VA SD Negeri Giwangan. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pada pra siklus ada 8 siswa atau 26,66% dari 30 siswa yang mendapat nilai ≥70, siklus I ada 21 siswa atau 70% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥70, sedangkan hasil tes pada siklus II ada 28 siswa atau 93,33% dari seluruh siswa yang mendapatkan nilai ≥70. Hal ini berarti mengalami peningkatan persentase siswa yang mendapat nilai ≥70 dari siklus I ke siklus II sebanyak 23,33%. Kata kunci: Hasil Belajar, Numbered Heads Together, Matematika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 27 Apr 2018 06:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56820 |
Actions (login required)
View Item |