PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGIC DISC AKSARA JAWA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Sujati, Kartika Isna (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGIC DISC AKSARA JAWA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
KARTIKA ISNA SUJATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran magic disc aksara Jawa yang digunakan untuk pembelajaran bahasa Jawa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model “4D” yang dikembangkan oleh Thiagarajan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Subjek uji coba yaitu 26 siswa kelas V, satu guru kelas V, satu guru kelas IV, dan satu guru kelas VI SD Negeri Sleman 1. Kelayakan produk diketahui melalui uji ahli media dan materi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran magic disc aksara Jawa yang dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Jawa kelas V SD. Produk yang dihasilkan terdiri dari tiga perangkat, yaitu keping cakram sebagai media utama magic disc aksara Jawa, panuntun (buku petunjuk penggunaan), dan gladhen (lembar kerja) siswa. Karakteristik media pembelajaran magic disc aksara Jawa yaitu a) strategi penyajian yang digunakan berbasis media visual-cetak, b) materi disajikan secara tekstual dan visual, c) materi pembelajaran yang disajikan mencakup aksara Legena, sandhangan, panyigeg, pada, dan pasangan aksara Jawa, serta dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan berbagai latihan soal, serta soal evaluasi d) materi yang dikembangkan sesuai dengan kompetensi yang dicapai siswa kelas V SD pada Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa, e) dapat digunakan secara individual oleh siswa, f) media dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD yang berada dalam tahap operasional konkret, dan g) interaktivitas gladhen yang menarik dikembangkan untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Kualitas dan kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan diketahui melalui validasi media, validasi materi, uji coba produk, dan penilaian sumatif produk. Hasil validasi media mendapat rerata skor akhir 4,68 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi materi mendapat rerata skor akhir 4,75 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba terbatas mendapat rerata skor 4 dengan kategori baik dan hasil uji coba lapangan mendapat rerata skor 4,4 dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian sumatif produk mendapat rerata skor akhir 4,67 dengan kategori sangat baik. Terpenuhinya kriteria minimal, yaitu kategori baik pada hasil validasi, uji coba, dan penilaian sumatif produk, maka hasil tersebut menjadikan magic disc aksara Jawa dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran bahasa Jawa kelas V SD. Kata kunci: pengembangan media, magic disc, aksara Jawa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Apr 2018 05:28
Last Modified: 30 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56812

Actions (login required)

View Item View Item